Minggu, 13 November 2022

5 Tempat Kuliner Legendaris Dekat dengan Stasiun Gubeng Surabaya

5 Tempat Kuliner Legendaris yang Dekat dengan Stasiun Gubeng Surabaya

vlkanplatinums - Stasiun Gubeng merupakan stasiun yang terbesar di kota Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, stasiun ini juga tercatat sebagai salah satu stasiun tua yang sudah ada sejak akhir tahun 1800-an.

Sekarang ini, stasiun Gubeng terbagi menjadi dua bagian, yaitu Stasiun Gubeng Lama yang ada di sebelah selatan, dan Stasiun Gubeng Baru yang berada di bagian utara.

Tidak jarang Stasiun ini menjadi tempat singgah yang pertama kali di kunjungi oleh para pelancong dari luar kota seusai menjalani perjalanan dengan menggunakan kereta api.

Memang yang paling nikmat setelah sampai suatu tujuan adalah mengisi perut, alias kulineran. Nah, di sini kami mempunyai beberapa rekomendasi tempat kuliner legendaris yang berada di dekat dengan Stasiun Gubeng, kota Surabaya.

Semuanya pasti cocok untuk para wisatawan yang suka jajan kuliner dan senang bernostalgia. Berikut kami berikan rangkumannya!

1. Depot Sederhana, Gubeng Pojok

Bagi yang tidak ingin repot-repot untuk berjalan jauh dari stasiun, Depot Sederhana adalah salah satu tempat legendaris yang paling kami rekomendasikan. Letaknya berada persis di sebelah timur Stasiun Gubeng Lama, dekat dengan masjid.

Konon katanya, Depot Sederhana ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Tempat ini menyajikan berbagai macam menu masakan nusantara yang terkenal di kota Surabaya, contohnya seperti rawon, pecel lele, soto ayam, sampai krengsengan. Jika kalian ingin mencoba makanan yang paling terkenal di Surabaya, krengsengan adalah jawabannya.

Lokasi : Jl. St. Gubeng Lama No. 1A, Pacar Keling, Kec. Genteng, Kota Surabaya
Jam Operasional : Setiap hari, 24 jam
Harga : Rp 15- 25 ribu

2. Kedai Es Krim Zangrandi

Sekitar 1 km dari Stasiun Gubeng, tepatnya berada di depan Balai Pemuda, terdapat sebuah kedai eskrim legendaris yang bernama Zangrandi. Saking terkenalnya, hampir seluruh warga asli kota Surabaya tahu tempat ini.

Zangrandi diketahui berdiri sebelum Indonesia merdeka, yaitu sekitar tahun 1930-an. Kedai ini awalnya di dirikan oleh Roberto Zangrandi orang yang berkebangsaan Italia, dan sekarang kepemilikannya diambil alih oleh Adi Tanumulya.

Kelezatan dari rasa eskrimnya tidak pernah berubah, itu karena dibuat sesuai dengan resep dan teknik pengolahan yang secara turun temurun dari puluhan tahun yang lalu.

Varian favorit dari eskrim Zangrandi adalah tutti fruti, banana split dan macedonia adalah beberapa varian yang paling laris.

Lokasi : Jl. Yos Suodarso No. 15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya
Jam Operasional: Setiap hari, 10.00 - 22.00 WIB
Harga : Rp 40 - 70 ribu

3. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Kulineran dengan Sate Klopo Ondomohen Bu Asih adalah sesuatu yang tidak boleh terlewatkan. Sate klopo ini sangatlah ikonik di kota Surabaya. 

Kalian bisa merasakan sate yang dibalur dengan bumbu kacang disertai dengan kelapa parut, kemudian dibakar dengan menggunakan arang. Rasanya dijamin pasti membuat nafsu makan kalian bertambah.

Kelezatan kuliner yang satu ini sudah sangat terkenal sejak di tahun 1945. Masyarakat setempat menyebut tempat ini 'Ondomohen' karena dulunya kuliner ini berlokasi di jalan Ondomohen yang saat ini sudah diubah namanya menjadi Jl. Walikota Mustajab.

Lokasi: Jl. Walikota Mustajab No. 36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya
Jam Operasional : Setiap hari, 07.00 - 22.00 WIB
Harga: Rp 25-35 ribu

4. Rujak Cingur Cak Durasim

Rujak cingur adalah makanan khas dari kota Surabaya yang sangatlah direkomendasikan untuk dicoba. Salah satu tempat rekomendasi untuk menikmati rujak cingur ini adalah Rujak Cingur Cak Durasim. 

Lokasinya yang berada dalam gang kecil di samping bekas Hotel Weta, sehingga tidak ada orang yang akan menyangka jika tempat jajanan kuliner ini akan menjadi legendaris di kota Surabaya.

Sejak tahun 1943, warung rujak cingur ini sudah dibuka. Bahkan, menurut cerita dari banyak orang, cobek yang digunakan untuk mengulek bahan-bahan rujak ini usianya sudah lebih dari tujuh puluh tahun lamanya!

Bagaimana soal rasanya? Tidak usah diragukan lagi, kami jamin juaranya dan sangat mantap! Aneka sayur, tahu, tempe, cingur dan guyuran sambel petisnya pasti akan membuat kalian ketagihan.

Lokasi : Jl. Genteng Durasim, No. 29. Rt.001/RW.005, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya
Jam Operasional : Selasa - Minggu, 11.00-17.00 WIB
Harga : Rp. 30-80 ribu

5. Tahu Campur Cak Kahar

Satu lagi jajanan legendaris yang bisa membuat lidah kalian bergoyang adalah Tahu Campur Cak Kahar. Kuliner yang satu ini berisikan daging sapi, tahu, selada, mie kuning, tauge, lentho dan kuah kaldu yang dicampur petis. 

Makanan ini sangatlah cocok disantap saat hujan gerimis. Tahu Campur Cak Kahar konon katanya telah berdiri sejak tahun 1960. Awalnya, tahu campur ini ingin dijual oleh Aminah, nenek dari Cak Kahar sendiri. Namun sekarang ini, usaha ini sudah dikelola secara turun temurun oleh generasi yang keempat keluarga Cak Kahar.

Lokasi : Jl. Embong Malang No.78 H. Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya
Jam Operasional : Setiap Hari, 16.30-00.00 WIB
Harga : Rp 15-20 ribu

Semua kelegendarisan dari jajanan kuliner yang diatas sudah sangat terkenal dari puluhan hingga ratusan tahun lamanya. Tidak cuma itu, cita rasa yang dipunyai juga sangatlah juara, jadi tidak heran jika orang-orang akan terus kembali untuk mencicipinya. Yuk! Cobain kalau kalian sedang ada di Stasiun Gubeng.